Taman Nasional Karimunjawa – Sejarah, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Taman Nasional Karimunjawa merupakan taman nasional yang berlokasi di utara pulau Jawa. Wilayah taman nasional ini berada dalam administrasi Kabupaten Jepara.

Taman Nasional Karimunjawa
Gambar : Taman Nasional Karimunjawa (Google Maps/Rossion Garden)

Sejarah Taman Nasional Karimunjawa

Pada tanggal tanggal 9 April 1986, Kementerian Kehutanan menetapkan taman nasional Karimunjawa sebagai cagar alam laut. Setahun kemudian, dilakukan penentuan letak koordinat geografi Karimunjawa. Kemudian, Karimunjawa ditetapkan menjadi taman nasional pada tanggal 29 Februari 1988, akan tetapi waktu itu statusnya lebih dikenal sebagai Kawasan Pelestarian Alam. Penetapan ini berdasarkan pada pernyataan Kementerian Kehutanan. Setelah melalui surat keputusan Kementerian Kehutanan pada tanggal 22 Februari 1999 status tersebut akhirnya berganti menjadi taman nasional. Pada tahun 2005, Direktorat Jenderal Konservasi SDA dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) menetapkan zonasi Karimunjawa. Penetapan zonasi ini kemudian digantikan pada 6 Maret 2012 dengan dikeluarkankannya surat keputusan yang berlaku hingga saat ini.

Koleksi Di Area Taman Nasional Karimunjawa

Flora

Di kawasan taman nasional ini ditumbuhi oleh Pohon Dewandaru, Kalimasada dan Stigi.

Pohon Stigi
Gambar : Pohon Stigi (Rimbakita.com)

Fauna

Terdapat juga beberapa jenis hewan Rusa, Trenggiling, Landak, Ular, Bangau Tong tong, Bangau Abu-abu, Wedi-wedi, Penyu hijau, Penyu sisik, Ikan hias dan satwa langka seperti Burung Elang Laut Perut Putih.

Burung Elang Laut Perut Putih
Gambar : Burung Elang Laut Perut Putih (Wikimedia/Mdk572)

Lokasi Taman Nasional Karimunjawa

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Karimunjawa

  • Wisatawan Nusantara/Lokal : Rp 5.000/orang (hari kerja)
  • Wisatawan Nusantara/Lokal : Rp 7.500/orang (hari libur)
  • Wisatawan Mancanegara/WNA : Rp 150.000/orang (hari kerja)
  • Wisatawan Mancanegara/WNA : Rp 225.000/orang (hari libur)

*Harga tersebut juga termasuk kunjungan Rombongan/Grup.
*Untuk info lebih lanjut mengenai informasi wisata TN Gunung Merbabu silahkan klik link berikut : Website TN Karimunjawa.
*Untuk permohonan ijin masuk kawasan Taman Nasional karimunjawa bisa kalian akses melalui link berikut : WNI & WNA.

Jam Operasional Taman Nasional Karimunjawa

  • Buka : Senin – Minggu
  • Jam : 08.00 – 16.00 WIB

Cara Menuju Taman Nasional Karimunjawa

Bagi kalian yang ingin mengunjungi taman nasional tersebut terdapat 3 cara yang bisa ditempuh, yaitu melalui jalur darat, laut, dan udara.

1. Jalur Udara

Untuk pergi ke Karimunjawa bisa melalui jalur udara. Caranya, terbang terlebih dahulu ke Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, lalu ambil penerbangan ke Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa. Pesawat ke Karimun biasanya menggunakan pesawat kecil baling-baling. Meski membutuhkan biaya ekstra, tapi waktu yang dibutuhkan tentu lebih cepat ketimbang 2 jalur lainnya. Sehingga kalian bisa lebih enjoy dan dapat mengksplorasi Pulau Karimunjawa.

2. Jalur laut

Cara ke Karimunjawa melalui jalur laut merupakan yang paling banyak dipilih pengunjung dikarenakan lebih terjangkau ketimbang naik pesawat. Setelah sampai di Jepara, pergi menuju Pelabuhan Kartini, lalu pilih kapal cepat atau ferry untuk ke Karimunjawa. Kapal cepat tentu memakan waktu perjalanan lebih singkat namun harga tiketnya lebih mahal dari kapal Ferry. Harga tiket kapal cepat Express Bahari berkisar dari Rp 165.000 hingga Rp 195.000, merujuk situs resminya. Untuk sementara tarif tiket kapal Ferry Siginjai berkisar Rp 60.000 untuk anak-anak sedangkan untuk dewasa Rp 127.000. Perlu diketahui, harga tersebut adalah harga untuk satu kali perjalanan. Dengan kapal Ferry kalian bisa memasukkan mobil atau motor untuk digunakan di Karimunjawa.

3. Jalur Darat

Menggunakan jalur darat bisa dengan kendaraan pribadi, kereta, atau bis. Pembangunan tol Trans Jawa menjadi lebih hemat waktu sehingga perjalanan ke Jepara menjadi lebih cepat. Jika menggunakan kendaraan pribadi kalian harus memperhitungkan biaya tol dan bensin. Sementara jika menggunakan kereta, kalian harus terlebih dahulu transit di Stasiun Semarang (Poncol atau Tawang). Setelahnya bisa melanjutkan perjalanan dengan bus atau sewa mobil. Harga bus ke terminal Jepara berkisar Rp 50.000 sampai Rp 120.000. Setelah dari terminal bus Jepara, lanjutkan naik taksi untuk sampai ke Pelabuhan Kartini. Sementara untuk sewa mobil bisa langsung menuju Pelabuhan Kartini, namun harga sewa mobilnya bervariasi tergantung jenis mobil dan tahun mobil. Mobil pribadi atau sewa dapat masuk ke dalam kapal Ferry Siginjai dengan membayar harga tiket naik kapal Ferry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *