Museum Transportasi – Sejarah, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Museum Transportasi merupakan museum yang dimiliki oleh Kementrian Perhubungan dengan tujuan untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi, serta perannya dalam pembangunan nasional. Museum ini berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan satu lokasi dengan Museum Listrik dan Energi BaruMuseum Pencak Silat, Museum Pemadam Kebakaran, Museum Penerangan, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Hakka Indonesia, Museum Perangko, Museum Komodo & Taman Reptil, Museum Pusaka, Museum Indonesia dan Museum Batik Indonesia.

Gedung Museum Transportasi
Gambar : Gedung Museum Transportasi (Google Maps/Tomy Imam)

Sejarah Museum Transportasi

Museum ini berdiri diatas lahan seluas 6,25 hektar. Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 14 Februari 1984, sedangkan untuk pembangunannya dimulai pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Tujuan dibangunnya museum ini sebagai sarana untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada para pengunjung mengenai transportasi dan sejarah perkembangan teknologi transportasi sekaligus sebagai tempat rekreasi yang edukatif.

Koleksi Museum Transportasi

Museum ini memamerkan beberapa koleksi seputar alat transportasi dari jaman dahulu hingga sekarang dalam bentuk miniatur, foto, diorama, tiruan ataupun asli seperti : Cikar, Andong, Bendi, Becak, Perahu Layar, Bajay, Pesawat Terbang, Bus, Gerbong beserta Lokomotifnya, dan berbagai jenis Sepeda.

Lokomotif CC5001
Gambar : Lokomotif CC5001 (Google Maps/Edgart Tauruk)
Pesawat Beechcraft B19 Musketeer Sport
Gambar : Pesawat Beechcraft B19 Musketeer Sport (Google Maps/Casual Kampung)

Lokasi Museum Transportasi

Harga Tiket Masuk Museum Transportasi

  • Umum : Rp 10.000

*Untuk masuk ke museum tersebut wajib membeli tiket masuk ke area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tiket bisa dibeli melalui link berikut : Beli Tiket Masuk TMII

Harga Tiket Masuk TMII

  • Pintu Masuk : Rp 25.000/orang
  • Motor : Rp 15.000/unit
  • Mobil : Rp 35.000/unit
  • Bus : Rp 60.000/unit
  • Truk : Rp 60.000/unit
  • Sepeda : Rp 10.000/unit

Jam Operasional Museum Transportasi

  • Buka : Selasa – Minggu
  • Tutup : Senin
  • Jam : 08.00 – 16.00 WIB

Cara Menuju Museum Transportasi

KRL Commuter Line

  • Dari arah Bekasi transit di Stasiun Manggarai dan naik jurusan Stasiun Bogor/Stasiun Depok untuk turun di Stasiun Pasar Minggu, lalu naik angkot S15A dan turun di SDN Dukuh 01. Dilanjutkan dengan naik angkot JAK.108 dan turun di TMII Pintu 3. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1.1 km menuju museum yang dituju.
  • Dari arah Bogor dan Depok turun di Stasiun Pasar Minggu, lalu naik angkot S15A dan turun di SDN Dukuh 01. Dilanjutkan dengan naik angkot JAK.108 dan turun di TMII Pintu 3. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1.1 km menuju museum yang dituju.
  • Dari arah Tangerang maka harus transit di Stasiun Duri dan di Stasiun Manggarai lalu naik jurusan Stasiun Bogor/Stasiun Depok untuk turun di Stasiun Pasar Minggu, lalu naik angkot S15A dan turun di SDN Dukuh 01. Dilanjutkan dengan naik angkot JAK.108 dan turun di TMII Pintu 3. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1.1 km menuju museum yang dituju.

Transjakarta

Halte Transjakarta yang terdekat dari museum adalah Halte Makasar. Transjakarta yang melayani penumpang di Halte Makasar, yakni Transjakarta koridor 9 (Pluit – Pinang Ranti), 9C (Bundaran Senayan – Pinang Ranti, dan 9N (Simpang Cawang – Pinang Ranti).