Museum Batik Indonesia – Sejarah, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Museum Batik Indonesia adalah museum yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur dan satu lokasi dengan Museum Listrik dan Energi BaruMuseum Pencak Silat, Museum Pemadam Kebakaran, Museum Penerangan, Museum Hakka Indonesia, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Perangko, Museum Transportasi, Museum Komodo & Taman Reptil, Museum Pusaka dan Museum Indonesia. Museum ini didirikan sebagai bentuk tindak lanjut atas penetapan Batik Indonesia sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

Gedung Museum Batik Indonesia
Gambar : Gedung Museum Batik Indonesia (Website Resmi TMII)

Sejarah Museum Batik Indonesia

Museum ini mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan luas tanah 6.451,25 m2 dan luas bangunan sekitar 2.067 m2, untuk lokasinya berada tepat di sebelah Museum Pusaka dan Museum Serangga. Saat ini pengelolaannya berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Secara arsitektur, bentuk bangunan museum tersebut menyerupai lipatan kain. Pada bagian depan bangunan museum dihias dengan beberapa motif batik, di antaranya adalah motif Kawung. Terdapat beberapa ruang pameran di museum ini yang terbagi menjadi tujuh, yaitu Ruang Sejarah Batik Nusantara, Ruang Khazanah Batik Nusantara, Ruang Teknik Pembuatan Batik, Ruang Penggunaan Batik secara Tradisional, Ruang Perkembangan Batik, Galeri Kemasyuran dan Ruang Kesimpulan

Koleksi Museum Batik Indonesia

Di museum ini terdapat beberapa koleksi batik yang dipamerkan, antara lain : Batik Pagi-Sore Buketan, Batik Merak Ngibing, Batik Lawasan Abdurahman Cap Cent Kuda, Batik Lawasan Sumatera Kudung Ceplok, Batik Lawasan Motif Ceplok Patola Putri Palembang, Batik Lawasan Pagi Sore Hokokai Djawa Baroe, dan lain-lain.

Ruangan Pameran Koleksi Batik
Gambar : Ruangan Pameran Koleksi Batik (Google Maps/Nasron Widarsi)
Proses Pembuatan Batik
Gambar : Proses Pembuatan Batik (Google Maps/Asri Hayati Nufus)

Lokasi Museum Batik Indonesia

Harga Tiket Masuk Museum Batik Indonesia

Individu/Perorangan

  • Gratis

Rombongan/Grup

  • Gratis

*Untuk kunjungan ke museum silahkan reservasi melalui link berikut ini : Reservasi
*Untuk masuk ke museum tersebut wajib membeli tiket masuk ke area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tiket bisa dibeli melalui link berikut : Beli Tiket Masuk TMII

Harga Tiket Masuk TMII

  • Pintu Masuk : Rp 25.000/orang
  • Motor : Rp 15.000/unit
  • Mobil : Rp 35.000/unit
  • Bus : Rp 60.000/unit
  • Truk : Rp 60.000/unit
  • Sepeda : Rp 10.000/unit

Jam Operasional Museum Batik Indonesia

  • Buka : Selasa – Minggu
  • Tutup : Senin
  • Jam : 09.00 – 15.00 WIB

Cara Menuju Museum Batik Indonesia

KRL Commuter Line

  • Dari arah Bekasi transit di Stasiun Manggarai dan naik jurusan Stasiun Bogor/Stasiun Depok untuk turun di Stasiun Pasar Minggu, lalu naik angkot S15A dan turun di SDN Dukuh 01. Dilanjutkan dengan naik angkot JAK.108 dan turun di TMII Pintu 3. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1.1 km menuju museum yang dituju.
  • Dari arah Bogor dan Depok turun di Stasiun Pasar Minggu, lalu naik angkot S15A dan turun di SDN Dukuh 01. Dilanjutkan dengan naik angkot JAK.108 dan turun di TMII Pintu 3. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1.1 km menuju museum yang dituju.
  • Dari arah Tangerang maka harus transit di Stasiun Duri dan di Stasiun Manggarai lalu naik jurusan Stasiun Bogor/Stasiun Depok untuk turun di Stasiun Pasar Minggu, lalu naik angkot S15A dan turun di SDN Dukuh 01. Dilanjutkan dengan naik angkot JAK.108 dan turun di TMII Pintu 3. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1.1 km menuju museum yang dituju.

Transjakarta

Halte Transjakarta yang terdekat dari museum adalah Halte Makasar. Transjakarta yang melayani penumpang di Halte Makasar, yakni Transjakarta koridor 9 (Pluit – Pinang Ranti), 9C (Bundaran Senayan – Pinang Ranti, dan 9N (Simpang Cawang – Pinang Ranti).

2 thoughts on “Museum Batik Indonesia – Sejarah, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *