Museum Basoeki Abdullah – Sejarah, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Museum Basoeki Abdullah merupakan museum yang berisikan lukisan dan koleksi pribadi Basoeki Abdullah seperti patung, topeng, wayang dan senjata. Museum ini berlokasi di Jakarta Selatan dan sekarang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain digunakan sebagai pameran, museum ini juga digunakan untuk menggelar seminar, penelitian, lokakarya serta menerbitkan bermacam bentuk publikasi berupa katalog, biografi, dan kumpulan artikel serta hasil penelitian.

Gedung Museum Basoeki Abdullah
Gambar : Gedung Museum Basoeki Abdullah (Google Maps/Jakarta Tourism)

Sejarah Museum Basoeki Abdullah

Pada tahun 1998 rumah yang berada di Jl. Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan ini di serahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Permuseuman. Bangunan rumah dengan 2 lantai seluas kurang lebih 600 m2 dan luas tanah kurang lebih 450 m2 ini pun direnovasi agar dapat digunakan sebagai museum. Pada tanggal 25 September 2001, Museum ini diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Drs. I Gede Ardika). Lalu pada tanggal 29 November 2016, terdapat gedung baru yang berada di area museum sebagai bentuk pengembangan museum dan diresmikan oleh Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy.

Koleksi Museum Basoeki Abdullah

Museum ini memiliki koleksi lukisan dan koleksi pribadi berupa patung, topeng, wayang, senjata dll. Jumlah koleksi museum yang disumbangkan ke museum ini berdasarkan data yang ada sebanyak 123 buah, sedangkan koleksi pribadi (barang dan benda seni) milik Basoeki Abdullah sebanyak 720 buah, dan buku-buku/majalah kurang lebih 3000 buah.

Ruangan Galeri Lukisan
Gambar : Ruangan Galeri Lukisan (Google Maps/Jakarta Tourism)
Beberapa Koleksi Senjata
Gambar : Beberapa Koleksi Senjata (Google Maps/Syarifah Fauziah)
Beberapa Koleksi Patung
Gambar : Beberapa Koleksi Patung (Google Maps/Wita)

Lokasi Museum Basoeki Abdullah

Harga Tiket Museum Basoeki Abdullah

Individu/Perorangan

  • Dewasa : Rp 2.000
  • Anak-anak : Rp : 1.000
  • WNA/Turis : Rp : 10.000

Rombongan/Grup

  • Dewasa : Rp 1.000
  • Anak-anak : Rp : 500
  • WNA/Turis : Rp : 5.000

Jam Operasional Museum Basoeki Abdullah

  • Buka : Selasa – Minggu
  • Tutup : Senin/Libur Nasional
  • Jam : 08.00 – 16.00 WIB

Cara Menuju Museum Basoeki Abdullah

MRT (Mass Rapid Transit)

Kalian bisa naik MRT dari sepanjang stasiun pemberhentian Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Dari arah Lebak Bulus atau Bundaran HI, turun di Stasiun MRT Fatmawati. Dari Stasiun MRT Fatmawati, perjalanan dilanjutkan dengan naik Grab/Gojek atau jalan kaki sejauh 1.5 km menuju museum yang dituju.

Transjakarta

Halte Transjakarta yang terdekat dari museum adalah Halte Simpang Fatmawati dan Halte Fatmawati 2. Transjakarta yang melayani penumpang di Halte tersebut yakni Transjakarta koridor 1E (Pondok Labu – Blok M), 7A (Lebak Bulus – Kampung Rambutan), dan D21 (Lebak Bulus – Universitas Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *