Museum BNI – Sejarah, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Museum BNI 1946 merupakan museum yang terletak di Jl. Lada, Kota Tua, Jakarta Barat. Tujuan dibangunnya museum tersebut untuk memberikan pengetahuan mengenai sejarah Bank Negara Indonesia.

Gedung Museum BNI
Gambar : Gedung Museum BNI (Sindonews)

Sejarah Museum BNI

Sejarah dimulai pada tanggal 5 juni 1946, saat pembangunan Bank Negara Indonesia yang digagas oleh R. M. Margono Djojohadikusumo. Gedung tersebut digunakan sebagai bank sentral, mencetak dan mengedarkan Oeang Republik Indonesia (ORI). Sejak tanggal 30 Oktober 1946, pemerintah Indonesia mulai menggunakan Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai pengganti mata uang Belanda. Museum tersebut saat ini dimiliki oleh Bank Negara Indonesia, sedangkan untuk pengelolanya berasal dari Divisi Komunikasi Perusahaan dan Kesekretariatan.

Koleksi Museum BNI

Koleksi yang dipamerkan di Museum Bank Negara Indonesia berupa brankas, alat pencetak uang kuno, mesin tik, mesin hitung uang, mesin teleks, miniatur, plakat, buku catatan sejarah, foto pejabat dan logo Bank Negara Indonesia dari waktu ke waktu. Semua koleksi ini dikumpulkan dari cabang Bank Negara Indonesia di berbagai daerah di Indonesia.

Koleksi Museum BNI
Gambar : Koleksi Museum BNI (Website Resmi BNI)
Mesin Potong Uang Orida
Gambar : Mesin Potong Uang Orida (Website Resmi BNI)
Diorama Suasana BNI Cabang Kutaraja
Gambar : Diorama Suasana BNI Cabang Kutaraja (Website Resmi BNI)
Uang Logam Terbitan Khusus 1 Abad Bung Hatta
Gambar : Uang Logam Terbitan Khusus 1 Abad Bung Hatta (Website Resmi BNI)

Lokasi Museum BNI

Harga Tiket Masuk Museum BNI

Hingga saat ini, penulis belum mengetahui untuk harga tiket masuk museum.

Jam Operasional Museum BNI

Museum hanya dibuka pada saat event tertentu saja.

Cara Menuju Museum BNI

KRL Commuter Line

  • Dari arah Bekasi harus transit di Stasiun Manggarai lalu naik tujuan Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Jakarta Kota berjalan kaki sekitar 400 meter menuju museum yang dituju.
  • Dari arah Bogor dan Depok bisa langsung naik kereta tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Jakarta Kota berjalan kaki sekitar 2400 meter menuju museum yang dituju.
  • Dari arah Tangerang maka harus transit di Stasiun Duri lalu naik kereta tujuan Stasiun Manggarai. Dari Stasiun Manggarai naik kereta tujuan Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Jakarta Kota berjalan kaki sekitar 400 meter menuju museum yang dituju.

MRT (Mass Rapid Transit)

Naik dari stasiun MRT mana saja lalu turun di Halte Bundaran HI. Dari sana jalan menuju ke arah Halte Transjakarta Bundaran HI. Dari Halte Bundaran HI sambung dengan Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) lalu turun di Halte Transjakarta Kota. Dari Halte Transjakarta Kota cukup berjalan kaki sejauh 280 meter menuju museum yang dituju.

Transjakarta

  • Dari Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat bisa langsung naik Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) lalu turun di Halte Transjakarta Kota. Dari Halte Transjakarta Kota cukup berjalan kaki sejauh 280 meter menuju museum yang dituju.
  • Dari Jakarta Utara bisa langsung naik Transjakarta koridor 1A (PIK-Balai Kota) lalu turun di Halte Transjakarta Kota. Dari Halte Transjakarta Kota cukup berjalan kaki sejauh 280 meter menuju museum yang dituju.
  • Dari Jakarta Timur naik koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) lalu turun di Halte Transjakarta Semanggi. Dari sana menyeberang ke Halte Transjakarta Bendungan Hilir. Lalu lanjut naik TransJakarta koridor 1 (Blok M-Kota) dan turun di Halte Transjakarta Kota. Dari Halte Transjakarta Kota cukup berjalan kaki sejauh 280 meter menuju museum yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *